Enter your keyword

Kepala Pelabuhan Ini Menyarankan Pakai Epoxy Agar Higienis di Lokasi Pelabuhan

Kepala Pelabuhan Ini Menyarankan Pakai Epoxy Agar Higienis di Lokasi Pelabuhan

Kepala Pelabuhan Ini Menyarankan Pakai Epoxy Agar Higienis di Lokasi Pelabuhan

Hasil ikan yang melimpah di Ternate tidak hanya di-export, mesti penuhi keperluan lokal. Karena itu, pasar ikan bestandar Tsukiji mesti berada di Ternate.

Pasar ikan Tsukiji di Tokyo, Jepang memang menjadi acuan buat pasar-pasar ikan lainnya dalam dunia, termasuk di Ternate. Masalah kebersihan, higienitas, dan pengaturan, diinginkan pasar ikan di Ternate mesti mempunyai standard seperti Pasar Tsukiji.

“Dari perbincangan dengan Pak Dirjen, dia ingin supaya Pasar Ikan di Ternate berstandar seperti Tsukiji. Standard Tsukiji ini seperti apakah, saya tidak pernah kesana,” kata Endang Sunaryo.

Menurut Endang, pasar ikan di Pelabuhan Ternate akan diperbaiki lagi untuk penuhi ‘Standar Tsukiji’ yang disuruh. Ini dapat untuk semakin tingkatkan service buat siapapun yang bertandang di Pelabuhan Ternate.

“Masalah higienitas ya. Semestinya meja itu gunakan epoxy, tidak bisa gunakan keramik. Jika keramik kan ada sela-selanya, itu dapat memiliki kandungan bakteri,” jelas Endang.

Diluar itu, untuk meja kerja atau meja display hasil ikan, memiliki bentuk tidak bisa datar, tapi mesti dikit melengkung, supaya air gampang untuk dibuang ke aliran drainase.

“Baju kerja harus juga sesuai dengan standard. Mesti bersih, gunakan sepatu boots. Sampai kini kan beberapa orang kita belumlah. Air bersih harus juga disediakan,” tambah Endang.

Ke depan, bila pasar ikan berstandar ‘Tsukiji’ ini telah dibuat di Ternate, bukan mustahil akan banyak wisatawan yang hadir ke Ternate. Itu dapat juga untuk menggerakkan roda ekonomi penduduk ditempat.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

15 − nine =

%d bloggers like this: